Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Kesehatan Rambut

Tips Rambut - Membuat masker rambut sendiri memang lebih aman dan sehat. Masker alami tidak akan menggunakan bahan berkandungan kimia. Membuat masker alami dapat dilakukan secara mudah, cukup menyediakan bahan berupa telur, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah salah satu bahan nabati  kaya dengan molekul kecil yang mampu menembus pusat rambut. Minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner alami yang dapat membuat segel pada lapisan luar kutikula rambut. Lapisan ini akan membuat rambut halus dan terhidrasi. Minyak zaitun akan bermanfaat mengkilaukan rambut, terhindar dari kusut, serta menyehatkan kuli kepala. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut. Sedangkan telur bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan kekeringan pada rambut Anda.
Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Kesehatan Rambut

Panduan Membuat Masker Rambut dengan Bahan Alami

Mengkombinasikan ketiga bahan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai masker rambut alami akan memberikan manfaat yang kompil pada kesehatan rambut Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan satu butir telur, 4 sdm minyak zaitun, dan 6 sdm  minyak kelapa pada satu wadah. Lalu aduklah ketiga bahan tersebut hingga merata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut hingga merata dan  diamkan 15 sampai 20 menit. Untuk penyerapan lebih sempurna, bungkuslah kepala dengan shower cap sebelum mendiamkannya. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan air hangat sambil dipijat-pijat perlahan.
Bila cara diatas terlalu repot dilakukan, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa saja. Cukup dengan menuangkan minyak ke telapak tangan secukupnya. Lalu menggosokkan dek kepala dan beri treathment berupa pijatan relaksasi. Efek dari minyak ini akan menghangatkan kepala Anda. Pijatan akan mempermudah nutrisi terserap secara optimal. Diamkan selama 10 sampai 30 menit sebelum membilasnya. Untuk hasil lebih maksimal, Anda dapat melakukan treathment di malam hari lalu membilasnya di pagi harinya. Agar tidak mengotori bantal dan tempat tidur, Anda dapat membungkus rambut dengan shower cap.

Membilas rambut setelah menggunakan masker berupa minyak memerlukan cara yang tepat karena umumnya air dan minyak tidak dapat bersatu. Keadaan ini akan membuat proses pencucian rambut lebih susah. Solusinya adalah dengan mencuci rambut menggunakan shampoo bayi. Shampoo bayi akan lebih mudah berinteraksi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Cucilah hingga bersih lalu gunakan kondisioner agar rambut dapat terhidrasi secara baik.

Melakukan perawatan rambut menggunakan masker rambut alami akan membantu merawat rambut. Penggunaan masker rambut secara rutin akan membuat rambut Anda sehat dan indah. Tambahkan pula dengan konsumsi makanan yang sehat dan baik untuk rambut seperti kacang-kacangan, sayuran, dan salmon. Hindari pula menggunakan pengering rambut elektronik seperti catokan. Suhu yang terlalu panas dari catokan dapat merusak rambut Anda. bila terpaksa menggunakannya dalam jangka waktu relative sering, Anda harus melakukan perawatan dengan masker alami secara rutin untuk mengimbanginya.

0 Response to "Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Kesehatan Rambut"

Posting Komentar